Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Hamparan Perak

Authors

  • Dinda Puspita Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Uswah Hasanah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

UMKM, Ekonomi, Sumber Daya

Abstract

Pemberdayaan sumber daya dan lingkungan yang ada di Desa Hamparan Perak sangat penting dilakukan dan memberikan potensi yang besar pada perekonomian masyarakat Desa Hamparan Perak, yang sebagian besar sumber daya yang ada belum dikelola secara maksimal diantaranya pemberdayaan UMKM “Penjahit Cahaya” yang ada di Desa Hamparan Perak dengan meningkatkan strategi pemasarannya yang dilakukan dengan membuat produk dari bahan kain yang berkualitas yang dapat membuat produk tersebut jadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan harga jual dan yang terakhir memberikan pelatihan kepada masyarakat di Desa Hamparan Perak untuk membuat suatu usaha dengan bahan yang murah dan mudah untuk didapatkan, serta mengajarkan cara memasarkan produk secara online agar menjangkau pasar yang lebih luas. Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa melalui pemberdayaan Sumber Daya Alam dan lingkungan yang ada. Metode yang digunakan adalah Metode Pendampingan, dimana suatu proses pemberian kemudahan dengan pendampingan kepada masyarakat dalam mengidentifikasi kebutuhan dan memecahkan masalah serta mendorong tumbuhnya inisiatif dalam masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk membuat strategi pemasaran dimasa sekarang ini. Hasil yang diperoleh yaitu, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM), UMKM semakin berkembang dan tentunya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Hamparan Perak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rozi, M. F., Anam, S., Suhaimi, & Subroto, G. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Alam Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui PKK dan UMKM Dalam Perspektif Islam di Desa Larangan Slampar. Abdimas Indonesia, 210-218.

Paramita, M, S., Muhlisin, & I, Palawa (2018) Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Lokal. Peningkatan Ekonomi Masyarakat, 19-30.

Munir, Fatkhul. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemanfataan Sumber Daya Alam Di

Desa Muaramas Kecamatan Mejusi Timur Kabupaten Mesuji. (Skripsi Sarjana, UINRIL). Desa Hamparan Perak. (2019). Pemerintah Desa Hamparan Perak. Retrieved fromwww.desahamparanperak.deli serdangkab.go.id: https://desa hamparanperak.deliserdangkab. go.id/

Unit Pengelola Teknis KKN UMSU. (2024). Buku Petunjuk Teknik Pelaksanaan KKN Mandiri UMSU 2024. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Dinda Puspita Tanjung, & Uswah Hasanah. (2024). Pengembangan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Desa Hamparan Perak. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 3152–3156. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1044

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.