Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Medan

Authors

  • Marwah Lestari UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Suci Sartika Wulandari2 Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Rizkia Zahra Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Adisty Andriyani Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Erick Daniel Tampubolon Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan
  • Agus Rahmadsyah Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pengaruh Pelayanan, Fasilitas Rumah Sakit, Kepuasan Pasien Bpjs

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasien pengguna BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Medan. yang berjumlah laki laki 13 dan Perempuan 43 orang. Dalam penelitian ini diambil ssecara melalui pengisian kusioner yang totalnya adalah 56 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe asosiatif, di mana data dikumpulkan melalui metode non-tes, yaitu menggunakan angket sebagai instrumen penelitian utama, yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan uji menunjukkan 16.376 > 1,65, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. R-square menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0,514, artinya kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 51,4%, sedangkan sisanya sebesar 48,6 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aceh, K., & Daya, B. (2017). Balance Vol. Xiv No. 1 | Januari 2017 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Xiv(1).

Ilmu, M., Masyarakat, K., Sari, U., & Indonesia, M. (2018). No Title.

Sosiologi, J. P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2017). Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika. 3(2).

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit : Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. 6(April), 9–15. Https://Doi.Org/10.18196/Jmmr.6122

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Issn 2442-3262 Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota. 6(2), 531–540.

Wulur, F. G., & Fitriyani, I. (2023). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pada Layanan Kesehatan Rumah Sakit : Literature Review. 3(2).

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Lestari, M., Suci Sartika Wulandari2, Rizkia Zahra, Adisty Andriyani, Erick Daniel Tampubolon, & Agus Rahmadsyah. (2024). Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Di Medan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 3342–3353. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1081

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.