Perancangan UI/UX Aplikasi Berbasis Mobile Penggalangan Dana Menggunakan Metode User Centered Design dan Usability Testing

Authors

  • Saddam Muhammad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Bayu Adhi Nugroho Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Yusuf Ahmad

Keywords:

smartphone, penggalangan dana, user centered design

Abstract

Dengan kemajuan teknologi saat ini, smartphone telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Tercatat di tahun 2023, populasi pengguna internet di Indonesia mencapai 78,19%. Meskipun demikian, banyak aktifitas di luar sana yang masih menggunakan sistem manual padahal aktifitas tersebut bisa dilakukan oleh sistem secara otomatis dan salah satunya adalah penggalangan dana. Dalam konteks penggalangan dana yang semakin populer membuat proses penggalangan dana memakan waktu yang lama dan tidak efisien. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengambil topik penggalangan dana online dengan metode usability testing dan pendekatan user centered design untuk menciptakan prototype aplikasi penggalangan dana online. Hasil dari penelitian ini nantinya akan menjadi pertimbangan bagi pengembang untuk membuat aplikasi serupa untuk mengatasi lambatnya dan kurangnya efisiensi sistem penggalangan dana di Indonesia saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dillah, A., Nama, G. F., Budiyanto, D., & Muhammad, M. A. (2024). RANCANG BANGUN APLIKASI MONITORING OPERASI P2TL PENGUKURAN TIDAK LANGSUNG 2 PHASA DI PT. PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) METRO. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4458

Eny, J., & Anggreningrum. (2021). MENGOPTIMALKAN METODE USABILITY TESTING DENGAN PENAMBAHAN ATRIBUT COMFORTABLY. In Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Eny Jumiati, Anggreningrum (Vol. 6). Retrieved from https://stmik-wp.ac.id/.

Fadzar, A., Azkiya, M. A., Husaine, N. A. V., & Fadillah, A. N. (2024). RANCANGAN ULANG UI/UX WEBSITE SISTEM INFORMASI KELAUTAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 12(3). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i3.4613

Hadi, H. N., Tirtana, A., & Zulkarnain, A. (2022). PENGGUNAAN USER CENTERED DESIGN DALAM PEMBUATAN WEBSITE PORTAL MGBK SMA KOTA MALANG. In Jurnal TEKNOINFO (Vol. 16).

Indah, H. Y., Febriansyah, A., & Septia, A. Z. (2022). PENERAPAN METODE USER CENTERED DESAIN PADA PERANCANGAN INTERFACE APLIKASI PEMESANAN DAN PEMBAYARAN TIKET BIOSKOP BERBASIS MOBILE. Jurnal Siliwangi, 8(2), 2022.

Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022). PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SAY.CO. Jurnal Tanra, 9(1). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/tanra/

La, I., Aris, S., & La, O. B. (2021). Sistem Portal Informasi Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Web. SIMKOM, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.51717/simkom.v6i1.53

Mandy, R., & Hahury, S. (2022). Analisis Pengaplikasian Teori Warna dan Penggunaan Siluet dalam Desain Karakter. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12289/10775

Maulana, A. A., Ketut, I., & Suhartana, G. (2022). Prosiding Seminar Nasional Universitas Ma Chung. Prosiding Seminar Nasional Universitas Ma Chung, 144–153. Retrieved from https://kominfosanti.bulelengkab.go.id/

Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Pramudita, R., Arifin, R. W., Nurul Alfian, A., & Safitri, N. (2021). PENGGUNAAN APLIKASI FIGMA DALAM MEMBANGUN UI/UX YANG INTERAKTIF PADA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA STMIK TASIKMALAYA. Shilka Dina Anwariya, 3(1). Retrieved from www.youtube.com,

Putu, G., Wulantari, A. P., Kadek, N., Wirdiani, A., & Wira Buana, P. (2021). Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X) (Vol. 2).

Sespiani, K. A., Apilia, M., & Miftajanna, S. (2021). STUDI LITERATUR PELAKSANAAN CROWDFUNDING OLEH PUBLIC FIGURE MELALUI PLATFORM KITABISA.COM. In Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (Vol. 1).

Syafiqah, N. F., & Satriadi. (2024). PERAN WARNA DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK VISUAL LOGO Syafiqah Nur Fadiah dan Satriadi. PARATIWI: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 3.

Wibowo, T. (2020). STUDI TEORI WARNA PADA FOTO DENGAN STYLE RETRO (Vol. 1). Retrieved from http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Published

2024-10-18

How to Cite

Muhammad, S., Adhi Nugroho, B., & Ahmad, Y. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Berbasis Mobile Penggalangan Dana Menggunakan Metode User Centered Design dan Usability Testing . Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6932–6946. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1174

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.