PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER (PHBK) DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA PASCA PANDEMI DI RA MAMBAUL HUDA BOJONEGORO

Authors

  • Eko Winarti Pascasarjana, Magister PAI, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim
  • Ainur Rofiq Pascasarjana, Magister PAI, Universitas Pesantren KH Abdul Chalim

Keywords:

Pendidikan Holistik Berbasis Karakter, Penguatan Karakter Pasca Pandemi, RA Mambaul Huda

Abstract

Pandemi COVID-19 telah mengubah dinamika dunia pendidikan secara mendalam. Perubahan besar dalam metode pembelajaran dan interaksi sosial mempengaruhi perkembangan karakter siswa, terutama di tingkat pendidikan awal. Kondisi ini mengharuskan lembaga pendidikan untuk mengadaptasi pendekatan baru yang mampu mengatasi tantangan tersebut. Dalam konteks ini, pendidikan holistik berbasis karakter (PHBK) muncul sebagai alternatif yang menjanjikan dalam penguatan karakter siswa, pasca pandemi. Tujuan daripada penelitian ini ialah: Pertama, untuk menganalisis Pendidikan Holistik Berbaris Karakter di RA Mambaul Huda Desa Ngraseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Kedua, Untuk menganalisis upaya penguatan karakter siswa pasca pandemi di RA Mambaul Desa Ngraseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait kurikulum serta kegiatan pendidikan karakter di RA Mambaul Huda. Analisis data dilakukan dengan pendekatan tematik untuk mengidentifikasi dampak pendidikan holistik berbasis karakter dalam menguatkan karakter siswa di tengah tantangan pasca pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Holistik Berbasis Karakter yang dicetuskan oleh Ibu Ratna Megawanti dari yayasan IHF (Indonesia Haretage Foundation) adalah model pendidikan yang sangat tepat dalam penanaman karakter siswa khususnya jenjang PAUD. Kondisi pembelajaran Daring (dalam jaringan) di masa pendemi berakibat penurunan karakter siswa di RA Mambaul Huda. Akibat dari pembelajaran yang tidak langsung mengakibatkan penanaman karakter tidak maksimal. 2) Upaya Kepala dan guru RA Mambaul Huda dalam penguatan karakter di pasca pandemi adalah dengan menerapkan Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter menghasilkan dampak yang positif. Dampak positif dari upaya guru RA Mambaul Huda terlihat kembali menguatnya karakter siswa terealisasi dengan baik, dan kerjasama orang tua wali murid juga sangat mendukung keberhasilan guru dalam menanamkan karakter islami siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin Ahmad, Etika Ilmu Akhlak. Jakarta: PT. Bulan Bintang. Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Bidang Sosial Suatu Pendekatan. Praktik.1995.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Ilmiah, suatu pendekatan praktek (Jakarta : Rineka Cipta, 1999), 209.

Fadillah Muhammad & Mualifatu Khorida Lilif, Pendidikan karakter anak usia dini Konsep & Aplikasi dalam PAUD ( Jogjakarta : Ar-Ruzz Media 2013), 19.

Moleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jakarta : Remaja Rosdakarya, 2002), 2.

Masnur Muslich, , Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis. Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2011

Masnur Muslich, , Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis. Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 2011

Ryan Kevin & E. Bohlin Karen, Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. (San Francisco: Jossey Bass. 1999).

Suwardani Ni Putu “Quo Vadis” Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat, 1.

Salahudin Anas, Alkrienciehie Irwanto, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya Bangsa (Bandung : Pustaka Setia, 2013), 53.

Suparlan, “Pendidikan Karakter : Sedemikian Pentingkah, dan Apakah Yang Harus Kita Lakukan” dalam Suparlan.com, dipublikasikan 15 Oktober 2010.

Peter Schreiner,., J. Hare., Robert V. Kail.. Holistik Education Resource Book: Learning and Teaching in an Ecumenical Context. New York : Waxmann Munster. 2010.

W. Creswell John., Research Design, Qualitative, Qantitatite, and Mixed Methods Approach, Sage Publiccations, Thousand Oaks California, 2009.11.

Widyastono Herry, Muatan pendidikan holistic dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah, Jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol.18, no. 4, Desember 2012.

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Eko Winarti, & Ainur Rofiq. (2024). PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER (PHBK) DALAM PENGUATAN KARAKTER SISWA PASCA PANDEMI DI RA MAMBAUL HUDA BOJONEGORO. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6457–6468. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1074

Similar Articles

<< < 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.