PEMBINAAN AKHLAK SISWI MTSN 11 AGAM MELALUI KEGIATAN FORUM ANNISA

Authors

  • Syifaurrahmah Al Arifi Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Agam
  • Arif Fiandi Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Agam

Keywords:

pembinaan akhlak, forum annisa

Abstract

Akhlak merupakan cerminan diri dan kepribadian seseorang yang lahir melalui perbuatan dan tingkah laku secara spontan, alami dan tidak dibuat-buat. Salah satu tujuan utama Rasulullah diutus oleh Allah SWT adalah memperbaiki dan menyempurnakan kemuliaan akhlak manusia. Saat ini telah banyak terjadi kerusakan akhlak, terutama dikalangan remaja, baik remaja laki-laki maupun remaja perempuan. Baik buruknya akhlak seseorang tergantung kepada baik buruknya akhlak keluarganya. Baik buruknya akhlak dalam keluarga, sangat tergantung kepada pembinaan akhlak oleh Ibu sebagai jantung keluarga. Remaja perempuan sebagai calon Ibu, perlu dibimbing dan dibina agar berakhlakul karimah, apalagi ditengah banyaknya terjadi kerusakan akhlak saat ini. MTsN 11 Agam sebagai salah satu lembaga pendidikan bernuansa keagamaan mempunyai program khusus pembinaan akhlak khusus bagi siswa perempuan (siswi) melalui kegiatan forum annisa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui pembinaan akhlak siswi MTsN 11 Agam melalui kegiatan forum annisa. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah pembinaan akhlak siswi MTsN 11 Agam yang dilakukan dalam kegiatan forum annisa antara lain: akhlak terhadap orang tua, akhlak terhadap guru, akhlak terhadap sesama teman, akhlak berpakaian, dan akhlak terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, S., Tamrin, I., & Harmen, H. 2023. Pembinaan Karakter Santriwati Melalui Forum Annisa Di Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(10), 902-908.

Amrizal, M. A., Fuad, N., & Karnati, N. 2022. Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 3602-3612.

Fiandi, A., & Sesmiarni, Z. (2023). Implementasi Standar Mutu Dan Sasaran Mutu Pada Lembaga Pendidikan. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4 (1), 34–40.

Munandar, A. 2022. Metode Guru dalam Membina Akhlak Siswa di Madrasah Aliyah. Journal of Educational Research, 1(1), 1-14.

Ariyadri, A. 2019. Konsep Jahiliyah Dalam Al-Qur’an (Telaah atas Penafsiran Ibnu Katsir dan Sayyid Quthb) (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Derfi, M., Fauzan, F., Januar, J., & Rizal, E. 2023. Metode Pembentukan Akhlakul Karimah Dalam Forum Annisa di SMAN 1 Panti Pasaman. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 48-57.

Depdiknas. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Lubis, M. S. 2018. Metodologi penelitian. Deepublish.

Octaviani, R., & Sutriani, E. 2019. Analisis data dan pengecekan keabsahan data.

Putra, A., & Suryadinata, S. 2020. Menelaah Fenomena Klitih Di Yogyakarta Dalam Perspektif Tindakan Sosial Dan Perubahan Sosial Max Weber. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 4(1).

Rulmuzu, F. 2021. Kenakalan remaja dan penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).

Sujarweni, V. W. 2014. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Yaqub, M. 2021. Akhlak Hasanun Dan Akhlak Sayyiatun.

Zainuddin & Jamhari. 2014. Al-Islam 2, Muamulah dan Akhlaq. Bandung: Pustaka Setia

Downloads

Published

2024-10-16

How to Cite

Syifaurrahmah Al Arifi, & Arif Fiandi. (2024). PEMBINAAN AKHLAK SISWI MTSN 11 AGAM MELALUI KEGIATAN FORUM ANNISA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6706–6713. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1143

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.