Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Terhadap Minat dan Kemampuan Imajinatif Siswa Kelas IV SDN 26 Bantan Pada Pembelajaran IPA

Authors

  • Idawati Idawati Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Kasman Ediputra Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Teknologi Augmented Reality, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) terhadap minat belajar dan kemampuan imajinatif siswa kelas IV di SDN 26 Bantan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes minat belajar dan kemampuan imajinatif yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi AR. Hasil analisis data menggunakan uji Paired T-Test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kedua variabel tersebut setelah penerapan AR. Nilai signifikansi untuk minat belajar adalah 0.000 (p < 0.05) dengan rata-rata perbedaan sebesar -22.941, sedangkan untuk kemampuan imajinatif juga menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05) dengan rata-rata perbedaan sebesar -21.000. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan teknologi AR dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan kemampuan imajinatif siswa secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprianti, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Efficacy. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aryanti, F. L., Susilawati, S., & Supardan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Bolliger, D. U., Mccoy, D., Kilty, T., & Shepherd, C. E. (2021). Smartphone Use In Outdoor Education: A Question Of Activity Progression And Place. Journal Of Adventure Education And Outdoor Learning, 21(1), 53–66.

Chen, Y., Wang, Q., Chen, H., Song, X., Tang, H., & Tian, M. (2019). An Overview Of Augmented Reality Technology. Journal Of Physics: Conference Series, 1237(2), 22082.

Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126.

Jazayeri, M., & Li, X. (2021). Examining The Effect Of Blended Instructional Method On Students’ Grades In An Introductory Statistics Course. International Journal Of Mathematical Education In Science And Technology, 52(8), 1240–1249.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy Of Education Journal, 13(1), 1–13.

Nurul, R. (2018). Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar. IAIN Ponorogo.

Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389–395.

Downloads

Published

2024-10-18

How to Cite

Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Terhadap Minat dan Kemampuan Imajinatif Siswa Kelas IV SDN 26 Bantan Pada Pembelajaran IPA. (2024). Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6853-6861. https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1159

Similar Articles

91-100 of 349

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)