Pemanfaatan Game Mobile Legends Dalam Meningkatkan Komunikasi Kelompok Remaja Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan
Keywords:
game mobile legends, komunikasi kelompok, remajaAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh game online Mobile Legends terhadap perilaku dan komunikasi kelompok di kalangan remaja. Dengan meningkatnya minat terhadap permainan ini, muncul berbagai masalah seperti kecanduan, pengabaian tanggung jawab, dan penurunan hubungan sosial. Kecerdasan emosional dianggap berperan penting dalam membantu remaja menghadapi tantangan yang timbul dari pengalaman bermain game. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi terhadap siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tembilahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antar pemain sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dalam permainan. Keberadaan pemimpin dalam tim berfungsi untuk mengatur strategi dan memfasilitasi komunikasi yang efektif. Namun, banyak remaja yang tidak menyadari pentingnya komunikasi yang baik, yang dapat menyebabkan ketidakberesan dalam kelompok. Oleh karena itu, pendidikan tentang komunikasi yang efektif perlu ditingkatkan agar remaja dapat menerapkan keterampilan ini dalam berbagai situasi. Penelitian ini menekankan perlunya menciptakan lingkungan yang mendukung komunikasi kelompok untuk meningkatkan interaksi sosial dan kerjasama di era digital.
Downloads
References
Ambarwati, M., Nurhadi, & Rahman, A. (2022). Trash-Talking Pemain Mobile Legends: Bang Bang Mahasiswa FKIP UNS. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(3), 243–255. https://doi.org/10.37329/ganaya.v5i3.1833
Arif, M., & Aditya, S. (2022). Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Journal of Intercultural Communication and Society, 1(01), 31–45. https://journal.rc-communication.com/index.php/JICS/article/view/30
Fajar Ramadhan, R., Zaimah Dalimunthe, R., & Dian Dia Conia, P. (2023). Hubungan kecanduan game online mobile legends terhadap perilaku trash talking. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(2), 1–11.
Putri, R. C. S., Budiyono, B., & Kokotiasa, W. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56393/antropocene.v1i1.16
Rosyad, R. S., & Hidayanto, S. (2024). The Influence of Emotional Intelligence on Toxic Behavior in Playing the Online Game Mobile Legends. International Journal of Advanced Multidisciplinary (IJAM), 3(2), 263–275.
Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Desain, D. (2023). Pola Komunikasi Antar Gamers Pada Fitur Chat (IN-GAME) Studi Fenomenologi Pemain Game Online Mobile Legends di Bandung Ihsan Irwanto. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 3702–3710.
Syahril Ramadhan, N., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Mobile Legend pada Siswa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 430–441. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.343
Zabrina Fitri Novi Amanda, Robby Firdaus Rachman, Hesti Kartika Sari, Tarsianus Jebarus, & Eni Nurhayati. (2024). Pengaruh Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Bahasa Pada Gen Z Di Sidoarjo. Fonologi : Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(1), 110–122. https://doi.org/10.61132/fonologi.v2i1.341
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Darmawati, Abriansyah Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.