IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM KASUS KEKERASAN YANG DILAKUKAN BABYSITTER TERHADAP ANAK SELEBGRAM “AGHNIA PUNJABI”

Authors

  • Eginia Apulita BR Sembiring UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
  • Elrita BR Nduru Universitas Negeri Medan
  • Fitri First Nova Butar-Butar Universitas Negeri Medan
  • Najiyyah Universitas Negeri Medan
  • Rachel Calista A. Sirait Universitas Negeri Medan
  • Rani Sari Purba Universitas Negeri Medan
  • Stepen Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Yosika Silaen Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kekerasan terhadap anak,Pancasila

Abstract

Kekerasan terhadap anak merupakan masalah serius yang mengancam kesejahteraan dan hak asasi manusia serta anak di Indonesia. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam penanggulangan kasus kekerasan anak di Indonesia. Kasus kekerasan terhadap anak telah menjadi isu yang mendesak di Indonesia, dengan berbagai insiden kekerasan fisik, psikologis, dan seksual yang terjadi di berbagai tingkat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan tinjauan terhadap kebijakan, program, dan praktik yang telah diimplementasikan untuk melindungi anak dari kekerasan, serta untuk mempromosikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks tersebut. Selain itu, kendala seperti kurangnya sumber daya, kurangnya koordinasi antarinstansi, dan kurangnya kesadaran akan hak anak juga mempengaruhi implementasi nilai-nilai Pancasila dalam penanggulangan kekerasan anak. Penelitian ini menyoroti pentingnya upaya bersama dari pemerintah, masyarakat sipil, dan sektor swasta untuk memperkuat implementasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya perlindungan anak. Implikasi kebijakan dan rekomendasi untuk perbaikan praktik juga dibahas dalam penelitian ini, dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas upaya penanggulangan kekerasan anak di Indonesia secara holistik dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Adawiah, R. (2015). Upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Jurnal Keamanan Nasional, 1(2), 279-296.

Dewi Rokhmah. Pancasila, Kekerasan Anak dan Ancaman terhadap Generasi Bangsa.2012. Jawa Timur. Dr.Hj.Hernawati, RAS. Penguatan Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa dalam upaya mencegah kejahatan dengan kekerasan. Yogyakarta.2016. 61-72.

Lia Nur Kholifah. Penerapan sila ke 2 tentang Kesehatan Mental kasus Kekerasan Anak. Yogyakarta.2013

Nurhayati, A D, Ambari.2020.Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Menghadapi Permasalahan Bangsa.Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiskha.Vol 8(2):171-185

Praditama, S. (2016). Kekerasan terhadap anak dalam keluarga dalam perspektif fakta sosial. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 5(2).

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Eginia Apulita BR Sembiring, Elrita BR Nduru, Fitri First Nova Butar-Butar, Najiyyah, Rachel Calista A. Sirait, Rani Sari Purba, … Yosika Silaen. (2024). IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM KASUS KEKERASAN YANG DILAKUKAN BABYSITTER TERHADAP ANAK SELEBGRAM “AGHNIA PUNJABI”. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 4223–4228. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/558

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.