Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Permainan Dalam Pembelajaran PJOK di Kelas VI SDN Wiyung 1/453 Surabaya
Keywords:
Meningkatkan motivasi, Permainan PJOKAbstract
Penelitian ini menitik beratkan oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas VI SDN Wiyung 1/453 Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan data atau informasi dan membahas tentang peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran bermain. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas VI SDN Wiyung/453 Surabaya dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan untuk dua siklus dan pengumpulakn data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan persentase dan secara kualitatif. Hasil penelitian ini nememukan peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi yang dilakukan setelah siklus I dan II dengan tindakan pemutaran video pembelajaran.
Downloads
References
Ayu Wulandari, Meylani, et al. “Pengaruh Permainan Kecil Dalam Pemanasan Terhadap Motivasi Siswa.” Jurnal Porkes, vol. 5, no. 2, 2022, pp. 672–83, doi:10.29408/porkes.v5i2.6387.
Asmajaya, D., Negeri, S., Sei Tuan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, P., & Sei Tuan, P. (2022). Efforts to Improve Bullet Shot Learning Outcomes Through the Circuit Method and Tool Modifications for Middle School Middle School 3 Percut Sei Tuan Academic Year. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ), 3(2).
Asrul. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Permainan Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dan Kesehatan DiKelas Ix Smpn 3 Pasir Penyu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(5), 1221–1237.
Azhar, Herfana P, Nasir M, Irawan D, Islami N. Development of 3D physics learning media using augmented reality for first-year Junior high school students. J Phys Conf Ser. 2021;2049(1).
Nurkadri, et al. “General Preparatory Exercise Program Based on Android Tennis Sports.” International Journal of Human Movement and Sports Sciences, vol. 11, no. 1, 2023, pp. 112–17, doi:10.13189/saj.2023.110113.
Supriadi, Amir, et al. “The Effect of Learning Manipulative Skills Using Ball Thrower Learning Media on the Ability to Throw and Catch the Ball in Elementary School Students.” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, vol. 10, no. 3, 2022, pp. 590–603, doi:10.46328/ijemst.2441.
Verawati, Indah, et al. “Development of Modification of Big Ball Game with Play Approach in Order to Develop Basic Movement Skills in Elementary School Students.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, vol. 4, no. 2, 2021, pp. 3186–92, doi:10.33258/birci.v4i2.2051.
Wahyudi B, Yullianti D, Subekti FN. Pengembangan E-Modul PJOK Berbasis Pembelajaran SAVI Pada Materi Lari Jarak Pendek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Wacana Akad …. 2022;6 Nomor 2(2579-499X):157–70.
Wungguli D, Yahya L. Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura J Math Educ. 2020;1 No 1(1):41–7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mega Wulandari, Farida Nurhayati, Zeinol Ghazali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.