ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA MELALUI MEDIA KOMIK PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Rini Rohani Oppusunggu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Elrita Br. Nduru Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Stepen Monang Bastian Nainggolan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan

Keywords:

isi, format, artikel

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan kata yang umum terjadi pada anak sekolah menengah pertama melalui penggunaan media komik sebagai alat pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pengumpulan komik dari beberapa sumber yang populer di kalangan remaja dan menganalisis kesalahan penggunaan kata yang terdapat di dalamnya. Temuan utama studi ini menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan kata seperti ejaan yang salah, penggunaan kata yang tidak sesuai konteks, dan kesalahan sintaksis merupakan hal yang umum terjadi. Implikasi dari temuan ini menyoroti pentingnya memperbaiki pemahaman dan penggunaan kata pada tahap awal pendidikan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang lebih serius di masa mendatang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). Sage Publications.

Hs, Atika Maulidina, Heru Subrata, and Hitta Alfi Muhimmah. "Systematic Literature Review: Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Sekolah Dasar." JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal) 6.3 (2023): 110-123.

Hertiki, Hertiki. "Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat melalui Media Komik pada Pemelajar BIPA Vietnam Tingkat Menengah." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 10.1 (2021): 7-17.

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

Rini Rohani Oppusunggu, Elrita Br. Nduru, & Stepen Monang Bastian Nainggolan. (2024). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN KATA MELALUI MEDIA KOMIK PADA ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1319–1323. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/653

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.