Pengaruh Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kemampuan Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Hasnawati Hasnawati Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ramdhan Witarsa Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Pelatihan TIK, Media Pembelajaran, Powerpoint

Abstract

Dunia pendidikan tidak terlepas dari teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan perkembangan komputer dan internet dewasa ini adalah fakta dari penelitian dan penemuan yang dilakukan oleh kalangan akademisi. Saat ini pendidikan sekolah juga membutuhkan TIK yang sama pentingnya seperti kalangan dunia kerja. Pendidikan di era modern juga telah mengalami perkembangan pesat, termasuk di tingkat sekolah dasar. Faktanya di lapangan ditemukan bahwa guru masih nyaman menggunakan pembelajaran verbal sehingga guru jarang menggunakan TIK dalam proses pembelajaran dengan alasan bahwa proyektor yang tersedia di sekolah tidak dimanfaatkan karena repot, takut konslet, anak-anak ribut saat menggunakan proyektor, tidak memiliki bahan ajar digital untuk dipresentasikan, tidak bisa membuat media powerpoint, dan tidak bisa menghubungkan proyektor ke laptop. Di lain pihak ada sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang mendukung penggunaan TIK dalam proses pembelajaran di sekolah. Oleh sebab itu, salahsatu cara yang perlu dilakukan adalah memberi pelatihan TIK kepada guru-guru dengan harapan kemampuannya menggunakan TIK dapat meningkat.Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Pada kasus ini, penelitian akan mencari korelasi antara pelatihan dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dan pengalaman guru (variabel X) terhadap tingkat kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran (variabel Y). Adapun simpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelatihan TIK dan pengalaman mengajar terhadap tingkat kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran di SDN 9 Alai. Variabel pelatihan TIK (X1) dan pengalaman mengajar (X2) berpengaruh terhadap kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran (PPt) sebesar 59,6% dan sisanya sebesar 40,4% persen dipengaruhi oleh factor lain. Dengan demikian secara keseluruhan hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Jika dilihat dari hasil pengamatan dari para peserta sebanyak 100% peserta sudah mampu mengoperasikan aplikasi PowerPoint tingkat dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Q., Irwin, R. H., & Majayanti, E. (2017). Notifikasi pembelajaran ilearning melalui media aplikasi iDU mengunakan E-MailRinfo. Technomedia Jurnal.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Fahrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran Efektif. At- Tafkir, 11(1), 85–99.

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, 0. (2021). implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis teknolgi informasi dalam meningkatkan mutu pelayanan pembelajaran di SMK. JIIP- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). studi pengaruh daring learning terhadp hasil belajar matematika kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.

Paristika, Y., Hidayat, M. T., & Gufron, S. (2021). Pengaruh pengunaan media vidio pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269.

Paulina, T., & Patimah, S. (2023). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembanan manajemen mutu di Sman 2 gading rejo. Jurnak Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 189–206.

Sayparuddin, S., Meldianis, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran Aktof dalam meningkatkan motivasi pembelajaran pkn peserta didik. Mahaguru: Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Setiawan, D. (2018). Dampak Pekembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Jurnal Simbolika, 4(1), 62–72.

Published

2024-10-18

How to Cite

Hasnawati Hasnawati, Musnar Indra Daulay, & Ramdhan Witarsa. (2024). Pengaruh Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Kemampuan Guru Dalam Mendesain Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6808–6816. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/1154

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.