Pembelajaran Interaktif Berbantuan Bamboozle Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Kelas IV SDN Tembong 2
Keywords:
Pembelajaran Interaktif, Baamboozle, Motivasi BelajarAbstract
Pembelajaran interaktif berbasis teknologi mampu merangsang minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan permaslahan yang ditemukan pada kelas IV SDN Tembong 2 Kota Serang, pembelajaran IPAS di kelas IV menunjukkan minat belajar siswa yang kurang. Faktor penyebab kurangnya minat belajar siswa yaitu metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, kurangnya rasa ingin tahu dan antusiasme siswa dan ketidaksiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran serta lingkungan belajar yang kurang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tembong 2 menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan memperoleh informasi dari narasumber. Peneliti menggunakan instrumen penelitian seperti: pedoman wawancara, dokumentasi dan recorder. Data pendukung penelitian ini diperoleh dari artikel, buku yang berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Setelah diterapkannya pembelajaran berbantuan website Bamboozle dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SDN Tembong 2 pada mata pelajaran IPAS, menunjukkan hasil positif dalam motivasi belajar siswa. Pembelajaran ini dirancang secara bertahap sesuai dengan modul ajar PjBL yang menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran melalui proyek nyata berupa flashcard pengaruh gaya terhadap benda. Pembelajaran interaktif dan berbasisi proyek tidak hanya mempermudah dan membantu siswa dalam memahami materi, tetapi juga melatih keteramilan abad 21 seperti kolaborasi, kreativitas, berpikir kritis dan komunikasi.
Downloads
References
Ardelia, S. N., Yulianti, G., Fatmawati, V., & Rofisian, N. (2024). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 977-980.
Hrp, Nurlina A., et al. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Barat: CV WIDINA MEDIA UTAMA.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif : Edisi Revisi. Bandung:
Remaja Rosda Karya
Saodah, S., Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(3), 375-385.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Dwi, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring Di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 14.
Marwah, S. S., & Ain, Z. N. (2024). Studi Literatur: Baamboozel Sebagai Media Pembelajaran Yang Interaktif. Jurnal PGMI UNIGA, 1(2), 69-75.
Winaningsih, E. T., Syarif, F., & Pahrurroji, P. (2022). Baamboozle’s Effectiveness in Increasing Learning Motivation in Islamic Studies. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 123.
Ansori, dkk. (2024). Keterampilan Pembelajaran Holistik (Mengembangkan Kompetensi Abad 21). Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia.
Pranayoga, B. N. (2013). Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada Mta Pelajaran Kopling Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah. Skripsi: UNY.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laelatul Munawaroh, Siti Nurafiah, Patra Aghtiar Rakhman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.