TINJAUAN HUKUM TERHADAP KASUS NURHADI DALAM PERKEMBANGAN WARTAWAN DI INDONESIA (DITINJAU BERDASARKAN UU HAM, UU NO. 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS PASAL 18 AYAT 1)

Authors

  • Jonathan Laskar Simatupang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

Tinjauan Hukum, Perkembangan Wartawan, UU No. 40 Tahun 1999

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar para pembaca terutama pemerintah, para hakim, wartawan, jurnalis serta para dewan Pers mendapatkan bahan bacaan dan referensi sehingga timbul motivasi untuk membahas dan meneliti serta memperdalam kembali tentang tinjauan hukum terhadap kasus Nurhadi dalam perkembangan wartawan di Indonesia (ditinjau berdasarkan UU HAM UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers Pasal 18 Ayat 1. Agar demikian kebebasan dan perlindungan hukum bagi para wartawan atau insan Pers dapat kita pertahankan dan perjuangkan. Jenis penelitian menggunakan deskriptif analitis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisis. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif jadi data yang terkumpul berupa kata dan gambar bukan angka, data yang di kumpulkan tersebut sebagai bahan penelitian. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa kemerdekaan pers masih menjadi polemik yang harus diperjuangkan secara berkelanjutan. Kekerasan terhadap wartawan masih marak terjadi hingga saat ini meskipun kebijakan akan aturan kebebasan pers telah diterbitkan oleh pemerintah. Bentuk perlindungan hukum bagi wartawan dalam menjalankan profesi jurnalistiknya adalah adanya UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers Pasal 18 Ayat 1, Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia, dan juga Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KHUP). Selain itu, upaya hukum yang dapat diambil oleh wartawan untuk memperoleh perlindungan hukum telah diatur dalam UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers dimana proses yang dilakukan adalah melaporkan pada pihak yang berwenang dalam hal ini dewan pers dan juga para penegak Hukum serta peran serta masyarakat dalam menunjang kinerja kerja wartawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2021). Peran Tugas dan Keahlian yang harus di miliki wartawan.

Anwar Adang, Y. (2010). Kriminologi. Bandung: Refika Aditama.

Ashadi, S. (2006). Etika Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Azarine Luffiyah Soepriantol, S., & Mauridah, I. (n.d.). Perlindungan Hukum Terhadap Wartawan Sebagai Korban Kekerasan. Justiciabelen, 4(2006).

Hakim, I. (2013). Upaya Pelindungan Hukum Kepada Wartawan dan Tindak Kekerasan Pada Saat Menjalankan Tugas Jurnalistik (Studi Kasus di Radio Elshinta Surabaya).

Imam Gunawan. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktek (3rd ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kusumaningrat, H., & Kusumaningrat, P. (2012). Jurnalistik Teori dan Politik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lamintang, P. A. . (2013). Dasar-dasar Hukum Pidana Indonesia. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Luwi, I. (2005). Catatan-catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Buku Kompas.

Makarim, M. (2022). Memaknai Kekerasan.

Mawardi. (2022). Kebebasan dan Perlindungan Hukum Bagi Insan Pers (Analisis Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(2).

Satino, Iswahyuni, & Surahmad. (2021). Peran Pers Dalam Penegakan Hukum di Tinjau Dari Segi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Esensi Hukum, 3(1), 101–110.

Shanti, R. (2022). Hakim Vonis Penganiaya Jurnalis. Etika, 25.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suriyanto, S. (2020). The Function Of The Press Council In Supporting Legal Protection For Journalist To ActualiseThe Press Freedom. Journal Of Politics And Law.

Uchyana Effendi, O. (2002). Ilmu Komunikaai (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rasdakarya.

Zainal Abidin Farid, A. (2006). Bentuk-bentuk Khusus Perwujudan Delik (Percobaan, Penyertaan dan Gabungan Delik) dan Hukum Penitensier. Jakrta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Jonathan Laskar Simatupang. (2024). TINJAUAN HUKUM TERHADAP KASUS NURHADI DALAM PERKEMBANGAN WARTAWAN DI INDONESIA (DITINJAU BERDASARKAN UU HAM, UU NO. 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS PASAL 18 AYAT 1) . Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3716–3728. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/436

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.