Pengaruh Metode Tilawati Terhadap Membaca dan Menghapal Bacaan Shalat Siswa Kelas V SDN 3 Rupat Utara

Authors

  • Susilawati Susilawati Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Masrul Masrul Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Imam Hanafi Prodi Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Bacaan Shalat, Kemampuan Menghapal Bacaan Shalat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tilawati terhadap kemampuan membaca dan menghapal bacaan shalat siswa kelas V di SDN 3 Rupat Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Rupat Utara, dengan sampel sebanyak 41 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan membaca dan menghapal bacaan shalat yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode Tilawati terhadap kemampuan membaca dan menghapal bacaan shalat siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi (p) < 0,05. Kelompok eksperimen yang menggunakan metode Tilawati memiliki peningkatan kemampuan membaca dan menghapal bacaan shalat yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode Tilawati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghapal bacaan shalat siswa kelas V di SDN 3 Rupat Utara. Disarankan agar guru-guru di SDN 3 Rupat Utara mempertimbangkan penggunaan metode ini dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menghapal bacaan shalat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, F. (2017). Pengaruh Rehearsal (Pembelajaran Berulang) Dan Interferensi (Gangguan Pembelajaran) Terhadap Retensi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kab. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

Arifin, N. (2020). Pemikiran Pendidikan John Dewey. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(2), 168–183.

Azzahra, T., Suhardini, A. D., & Hayati, F. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Dasar IT Salman Al-Farisi Bandung. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 311–317.

Dewi, R. (2024). Pengaruh Penerapan Lagu Tilawah Al-Qur’an Terhadap Motivasi Menghafal Surat Pendek di Madrasah Aliyah Payabenua. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1–10.

Fatimah, F. (2020). Penerapan Metode Tilawati Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-quran Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkulu. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(2), 31–36.

FN, A. A., & Ainurrohmah, C. (2015). Implementasi Metode Tilawati Dalam Menghafal Bacaan Sholat Di TPQ Miftahul Hidayah Gondang Nganjuk Jawa Timur. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 1(2), 295–308.

Hardiyanti, P. (2022). Mafhum Maharah Qiraah Dan Maharah Kitabah. Islamic Education, 2(2), 39–43.

Hujaemah, E. (2017). Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kusum, J. W., Akbar, M. R., & Fitrah, M. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Masita, R., Khirana, R. D., & Gulo, S. P. (2020). Santri Penghafal Alquran: Motivasi dan Metode Menghafal Alquran Santri Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Sungai Pinang Riau. Idarotuna, 3(1), 71–83.

Masnah, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Menghafal Bacaan–Bacaan Shalat Dengan Menggunakan Metode Drill di Awal Pelajaran Pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri 1 Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(02).

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.

Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Santoso, W. T., Nawanti, R. D., Fauziati, E., Haryanto, S., & Supriyoko, A. (2024). Perspektif Filsafat Progresivisme pada Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran IPAS. Proficio, 5(1), 441–448.

Saodah, S. (2022). Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca: di SD Salman Al-Farisi Full Day School Bandung. Islamic Journal of Education, 1(1), 26–33.

Susanti, S. (2020). Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 57–85.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Susilawati Susilawati, Masrul Masrul, & Imam Hanafi. (2024). Pengaruh Metode Tilawati Terhadap Membaca dan Menghapal Bacaan Shalat Siswa Kelas V SDN 3 Rupat Utara. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 4097–4107. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/1209

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.