Analisis wacana kritis “Pendidikan Indonesia: Optimis atau Pesimis?” pada podcast Dr. Indrawan Nugroho

Authors

  • Adinda Larasati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Tri Nurhasanah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Ita Primita Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Malan Lubis Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan
  • Mustika Wati Siregar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Medan

Keywords:

Analisis, Wacana, Van Djik

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro pada podcast Dr. Indrawan Nugroho “Curhatan Merry Riana tentang Pendidikan Indonesia: Optimis atau Pesimis?”. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis model van Djik. Hasil analisis menunjukkan bagian  struktur makro, yaitu pada struktur ini terdapat elemen topik. Pada struktur ini topik dalam podcast Dr. Indrawan Nugroho yang berjudul “Curhatan Merry Riana tentang Pendidikan Indonesia: Optimis atau Pesimis?” membahas tentang pendidikan yang ada di Indonesia sangat berbeda dengan yang ada di negara lain, Merry mengungkapkan bahwa sekolah yang ada di Singapura sangat mementingkan pengembangan diri dalam siswa, siswa di Singapura juga memiliki motivasi yang kuat untuk belajar. Bagian superstruktur  terdiri atas beberapa elemen, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Bagian mikro struktur terdiri atas latar peristiwa, latar historis, maksud, koherensi kondisional, leksikon, praanggapan, dan metafora.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asror, A. G., Utami, E. P., Hidaya, K. N., Safitri, N. M., Winoto, O. R. K., Lulu'Az-Zahra, R., ... & Saputri, Y. (2023, July). Analisis Wacana Kritis" Angkat Semen Sampai Sakit Dibayar 600 Rupiah Buat Kuliah" pada Podcast Close The Door Deddy Corbuzier. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 3, No. 1, pp. 770-782).

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Nandika, D. (2007). Pendidikan Di Tengah .Jakarta: Pt. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sulistiawan, M. J., Afriliana, V. A., & Baehaqie, I. (2024). Analisis Wacana Kritis Model Van Djik Pada Sambutan Joko Widodo pada Pembukaan Kongres XXIII PGRI Tahun 2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1683-169

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Adinda Larasati, Tri Nurhasanah, Ita Primita, Malan Lubis, & Mustika Wati Siregar. (2024). Analisis wacana kritis “Pendidikan Indonesia: Optimis atau Pesimis?” pada podcast Dr. Indrawan Nugroho. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3581–3588. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/421

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.