Pencegahan Investasi Bodong Bagi Generasi Z

Authors

  • Alfiah Aulia Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno
  • Suyatno Fakultas Hukum Universitas Bung Karno

Keywords:

Investasi Bodong, Pasar Modal, Generasi Z

Abstract

Jika melihat abad dan  perkembangan jaman saat ini, amat disayangkan banyak Masyarakat masih tertipu iming-iming investasi yang menjanjikan kekayaan dalam waktu singkat, dengan segala kemudahan akses informasi    saat ini, tapi nyatanya di Lampung tahun 2022 Polisi mengungkapkan hasil tangkapan dari investasi bodong mencapai 66 miliyar rupiah, dan itu uang yang dikumpulkan dari 620 masyarakat, dan      ternyata yang di tipu bukan hanya masyarakat yang berkemampuan ekonomi lemah, tetapi yang berpendidikan tinggi sekalipun, sedangkan harapan mereka adalah bisa meningkatkan kondisi ekonomi keluarga. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pengenalan Pasar Modal sebagai instrumen investasi yang legal dan diawasi OJK kepada generasi Z yang dapat menjadi pencegah pertama didalam keluarga. Metode yang digunakan adalah dengan memberi seminar dan diskusi. Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi bagi masyarakat yang awam soal investasi. Pelatihan ini merupakan solusi yang tepat bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Target jangka panjang yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah menjadikan generasi Z mengerti mengenai investasi yang legal dan terhindar dari investasi bodong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lampung, Pesawaran: Penerbit Nesqi Internasional Indonesia

Jogiyanto. 2003. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi III, cet, I”: Yogyakarta, BPFE. Murdadi, Bambang. 2013. Pranata Hukum Lembaga Keuangan dan Investasi Bodong. Journal Of Value Added. Vol. 9 No. 2 Tahun 2013.

https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/view/836/890

Hidayat, T., Oktaviano, B., & Baharuddin, R. (2023). Keputusan Investasi Berdasarkan Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi Dan Persepsi Risiko. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 6(2), 441–452.

Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Business Management Journal, 16(2), 81–95.

OJK: Waspadai Tawaran Investasi Tak Normal,” Suara Pembaruan, 2 Maret 2013.

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Alfiah Aulia, & Suyatno. (2024). Pencegahan Investasi Bodong Bagi Generasi Z. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 2331–2335. Retrieved from https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/257

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.