Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Asep Tutun Usman PGMI, FPIK, Universitas Garut
  • Nenden Munawaroh PAI, FPIK, Universitas Garut
  • Pajar Prahmana PAI, FPIK, Universitas Garut
  • Iman Saifullah PAI, FPIK, Universitas Garut

Keywords:

Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Keaktifan Belajar Siswa

Abstract

Latar belakang penelitian adalah siswa yang kurang aktif dan berperan dalam belajar terkhusus dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam sehingga mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa sesuai capaian yang diharapkan, penelitian ini bertujuan dalam rangka untuk mengetahui apakah penerapan model Time Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah , hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan belajar berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa, tes hasil belajar dan dokumentasi, data yang diperoleh dari lembar observasi siswa. keaktifan di analisis dengan menghitung persentase dari keseluruhan indikator yang diamat, Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pertama memperoleh 41% yang menyebabkan masuk kedalam kategori kurang baik, Tetapi, setelah menerapkan Model pembelajaran Team Games Tournamnent diketahui hasil hasil dari test lembar observasi  rata-ratanya menjadi 87% siswa lebih berperan aktif dan dari keaktifan siswa ini mempengaruhi pemahaman terhadap materi pembelajaran sehingga meningkatkan nilai hasil belajar, dan juga Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest awalnya 53,33 dan hasil postestnya memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,33. Dari klasifikasi pengujian Ngain mendapat nilai 0,91 yang menandakan adanya peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, A., Sukron, J., & Firdaus, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Times Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 69. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah82.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.188

Anirah, A., & Nadirah, S. (2023). Ilmu Pendidikan Islam. repository.uindatokarama.ac.id. http://repository.uindatokarama.ac.id/2211/1/Ilmu Pendidikan Islam %28final%29.pdf

Anton, A., Munjaji, A. S., Fauziah, I. S., Wisnu, M., & Hasanah, N. (2024). Semangat Literasi dalam Periode Keemasan pada Masa Daulah Abbasyiah. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 563-569.

Astuti, A., Zulfah, Z., & Rian, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Tapung. Jurnal Pendidikan …. https://staff.universitaspahlawan.ac.id/upload/publikasi/420-lampiran.pdf

Anton, A., Firdaus, I., Iskandar, M. H., Nahrowi, A. Y., & Muttaqin, Z. (2024). Meraih Kesuksesan Dengan Semangat Mencari Ilmu. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(5), 1504-1513.

Budiman, S., & Suharto, A. W. B. (2021). Filsafat Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Jasmani. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 505–514. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2195

daud ali, M. (2017). pendidikan agama islam. PT Rajagrafindo Persada.

Ii, B. A. B. (2005). Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam , (Jakarta: Kalam Mulia, 2003), h. 338 Syaiful sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran , (Bandung : Alfabexta,2005),h.61. 13–45.

Indria, A. (2019). Gagasan Dan Pemikiran Zakiyah Daradjat Dalam Pendidikan Islam. Islamic Education Journal, 1(1), 18–23.

Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Cendikia Pendidikan Konsep Model Pembelajaran. Sindoro Cendikia Pendidikan, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Mayasari, P., Hidayati, L., Arum, I., & Rahayu, T. (2023). Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan Pengembangan Perangkat Ajar Bagi Guru SMK Ma ’ arif NU Driyorejo , Gresik. 1(9), 2100–2107.

Munawaroh, N., & I Ijudin. (2022). Pendidikanpendidikan agamaagama islamislam dandan budibudi pekertipekerti.

Nurhadi. (2019). Evaluasi Supervisi Pendidikan. In Malang: UIN-Maliki Press. (Issue April).

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.2.6059

Santosa, D. S. S. (President U. (2019). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Teamgames Tournament (Tgt) Dalam Pembelajaran. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Setiawan, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia (Issue November).

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. (2024). Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(6), 2143-2160. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/836

Similar Articles

11-20 of 209

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)